Jumat, 29 Oktober 2010

PEMASARAN

PEMASARAN
 PENGERTIAN PEMASARAN
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yangt dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Pemasaran merupakan keselurahan dari pengertian tentang :
• Penjualan
• Perdagangan
• Distribusi
 Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Pemasaran adalah termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu dalam penciptaan nilai ekonomi. Sedangkan nilai ekonomi itu sendiri akan menentukan harga barang da n jasa bagi individu-individu. Selain pemasaran, kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah :
• Produksi yang membuat barang-barang
• Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut
Penjualan berada di pihak yang menjalankan kegiatan pemasaran dan pembeli berada pada titik konsumsi. Oleh karena itu perusahaan harus dapat menciptakan faedah (utility) bagi konsumen.
Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.
Perusahaan dapat menciptakan lima macam faedah, yakni :
1. Faedah bentuk (form utility)
2. Faedah waktu (time utility)
3. Faedah tempat (place utility)
4. Faedah pemilik (ownership utility)
5. Faedah informasi (infirmation utility)
 Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Konsep pemasaran ini banyak dianut oleh perusahaan modern yang ingin mencapai laba jangka panjang dengan berorientasi kepada konsumen atau pasar.

 Pendekatan Studi Pemasaran
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan yaitu :
• Pendekatan serba fungsi (functional approach)
• Pendekatan serba lembaga (institutional approach)
• Pendekatan serba barang (commodity approach)
• Pendekatan serba manajemen (managerial approach)
• Pendekatan serba sistem (total system approach)

STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
Salah satu fungsi pokok dalam perusahaan, pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaan. Manajemen pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokan ke dalam dua sub bagian, yaitu :
• Sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang.
• Sub bagian penjualan umum.
Kepala sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan alat penunjang bertanggung jawab terhadap masalah-masalah :
1. Perencanaan dan perdagangan barang
2. Periklanan
3. Riset pemasaran
4. Analisis dan pengawasan penjualan
5. Anggaran penjualan
6. Peramalan penjualan
7. Perencanaan saluran, teritorial, dan kuota
8. Pengawasan persediaan
9. Penjadwalan produksi
10. Distribusi fisik
Sedangkan kepala sub bagian penjualan umum bertanggung jawab terhadap masalah-masalah :
1. Penjualan lapangan
2. Kegiatan kantor penjualan termasuk service langganan dan service barang

PASAR
 Pengertian Pasar
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.
Ada tiga unsur penting yang terdapat dalam pasar, yakni:
• Orang dengan segala keinginannya
• Daya beli mereka
• Kemauan untuk membelanjakan uangnya

 Macam-macam Pasar
Pasar dapat dikelompokan ke dalam 4 golongan, yakni :
• Pasar konsumen
• Pasar industri
• Pasar penjual
• Pasar pemerintah

 Segmentasi Pasar
Semegmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasaryang bersifat heterogen dari suatu produkkedalam satuan-satuan pasaryang bersifat homogen.




 Pengertian Marketing Mix
Marketing mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni : produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi.

 Pengertian Barang
Barang adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus,warna,harga,prestise,perusahaan dari pengecer,pelayanan perusahaan dan pengecer,yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.

 Penggolongan Barang menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongritan
 Barang Tahan Lama
 Barang Tidak Tahan Lama
 Jasa

 Penggolongan Barang menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakaian

1. Barang Konsumsi
• Barang konvenien
• Barang shopping
• Barang spesial
2. Barang Industri
• Bahan baku
• Komponen dan barang setengah jadi
• Perlengkapan operasi
• Instalasi
• Peralatan ekstra



 Siklus Kehidupan Barang (Product Life Cycle)
1. Tahap perkenalan
2. Tahap pertumbuhan
3. Tahap kedewasaan dan kejenuhan
4. Tahap kemunduran

 Merk
Brand adalah suatu nama, istilah simbul, atau disain yang dimaksudkan untuk memberi membedakannya dari barang-barang yang dihasilkan oleh pesaing.

PENENTUAN HARGA
 Arti dan Pentingnya Harga
Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang berserta pelayanannya.
 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Harga
 Keadaan Perekonomian
 Penawaran dan Permintaan
 Elastisitas Permintaan
• Inelastis
• Elastis
• Unitary elasticity
 Persaingan
• Persaingan tidak sempurna
• Oligopoli
• Monopoli
 Biaya
 Tujuan Perusahaan
 Pengawasan Pemerintah






 Metode-metode Penetapan Harga

1. Penetapan Harga Biaya Plus (Cost-Plus Pricing Method)
BIAYA TOTAL+MARJIN=HARGA JUAL
2. Penetapan Harga Mark-Up (Mark-Up Pricing Method)
HARGA BELI+MARK UP=HARGA JUAL
3. Penetapan Harga Break-even (Break-even Pricing)
• Biaya variabel
• Biaya tetap
• Biaya total
• Penghasilan total

 Politik Penetapan Harga
1. Penetapan Harga Psikologis
2. Price Lining
3. Potongan Harga
a. Potongan kuantitas
b. Potongan dagang
c. Potongan tunai
d. Potongan musiman
e. Penetapan harga Geografis









PROMOSI DAN PERIKLANAN

 Promosi
Promosi merupakan salah satu variabel marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya.
Arus informasi atau persuasi satu-arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Beberapa kegiatan yang ada dalam promosi ini pada umumnya ada empat, yaitu:
• Periklanan
• Personal selling
• Promosi penjualan
• Publisitas dan hubungan masyarakat


 Periklanan
Periklanan adalah komunikasi non-individu, dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non-laba, serta individu-individu.
Adapun masalah-masalah selanjutnya yang akan dibahas disini adalah :
• Tujuan periklanan
• Jenis periklanan
• Media periklanan
• Biro periklanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar